Mengapa Anda Harus Menghapus 6 Hal Ini Dari Diet Anda

Peradangan adalah bagian alami dari respons tubuh untuk melindungi dirinya sendiri, menjaga kekebalan tubuh, melawan infeksi, dan menyembuhkan.


Mengapa Anda Harus Menghapus 6 Hal Ini Dari Diet Anda
Mengapa Anda Harus Menghapus 6 Hal Ini Dari Diet Anda

Namun, ketika peradangan berlanjut dari waktu ke waktu atau tidak ada gunanya, itu dapat merusak tubuh Anda dan menyebabkan penyakit, seperti penyakit jantung, diabetes, kanker, radang sendi, hati berlemak dan Alzheimer.
Ketika sistem kekebalan tubuh merespons cedera dengan peradangan, ada kemerahan, panas, dan bengkak. Di sisi lain, peradangan kronis sering diam dan terjadi tanpa banyak gejala yang terlihat.

Jika Anda memiliki gula darah tinggi atau lemak darah (kolesterol dan trigliserida), energi rendah, kelebihan berat badan atau memiliki penyakit jantung atau masalah pencernaan, Anda mungkin memiliki beberapa tingkat peradangan.
Walaupun kurang olahraga, kelebihan berat badan, paparan polusi, dan stres, semuanya berkontribusi pada peradangan kronis, apa yang Anda makan juga dapat memiliki efek besar.

Makanan yang Menyebabkan Peradangan


Berikut adalah enam makanan yang dapat meningkatkan tingkat peradangan Anda:

1. Gula: Gula, fruktosa, dan sirup jagung fruktosa tinggi (minuman manis, makanan penutup, permen) meningkatkan resistensi insulin dan kadar asam urat, melukai pembuluh darah dan mengandung banyak kalori, yang menyebabkan kenaikan berat badan.

2. Lemak Trans: Lemak ini - ditemukan di banyak makanan olahan dan digoreng - menurunkan kolesterol "baik" (HDL), meningkatkan kolesterol "jahat" (LDL), dan merusak pembuluh darah.

3. Minyak Sayuran dan Biji: Minyak dengan lemak omega-6 dalam jumlah tinggi, seperti jagung, kedelai, bunga matahari, safflower, kanola, dan kacang, bisa sehat dalam jumlah kecil. Tetapi kebanyakan orang menggunakan terlalu banyak, yang membuang keseimbangan omega-6 menjadi lemak omega-3 (ikan berlemak, rami), yang menyebabkan peradangan.

4. Karbohidrat Halus: roti putih, nasi, pasta, keripik dan makanan ringan
meningkatkan glukosa darah, berkontribusi terhadap kenaikan berat badan dan mengobarkan usus Anda.

5. Daging Olahan: Sosis, bacon, ham, daging asap dan dendeng membentuk zat berbahaya dalam protein dan lemak yang disebut AGEs (produk akhir glikasi lanjutan).

Ini terbentuk oleh memasak suhu tinggi karena daging diproses dan berkontribusi terhadap peradangan di setiap sel dalam tubuh, yang mengarah ke efek kesehatan yang merugikan seperti penyakit jantung dan, khususnya, kanker usus besar.

6. Alkohol: Konsumsi alkohol yang berlebihan menyebabkan bakteri jahat pindah dari saluran pencernaan ke bagian tubuh lain, yang menyebabkan peningkatan peradangan.

Sementara satu atau dua minuman ukuran standar (5 ons anggur, 12 ons bir atau 1,5 ons minuman keras) per hari terbukti memiliki beberapa manfaat kesehatan, terlalu banyak alkohol berbahaya.

Makan ini, Bukan Itu

Selain mengurangi makanan yang meradang, Anda bisa mengurangi peradangan dengan mengonsumsi makanan utuh, anti-inflamasi, kaya antioksidan.

Makan banyak makanan anti-inflamasi ini:


  • Sayuran berwarna cerah seperti hijau tua, merah, oranye dan kuning
  • Buah-buahan, terutama berry, ceri dan anggur
  • Alpukat, zaitun, minyak zaitun dan minyak alpukat
  • Biji-bijian utuh dan karbohidrat tinggi serat
  • Ikan berlemak omega-3 seperti salmon, tuna, sarden, dan mackerel
  • Kacang-kacangan dan biji-bijian
  • Kacang dan kacang polong
  • Cokelat hitam (85 persen kakao adalah yang terbaik)
  • Teh hijau dan putih (hitam juga mengandung beberapa antioksidan)
  • Anggur merah (tidak berlebihan)
  • Rempah-rempah seperti jahe, kunyit, cabai rawit dan kayu manis
  • Selain diet sehat, aktiflah, cukup tidur, minum banyak air dan temukan cara untuk menurunkan tingkat stres Anda. Kabar baiknya adalah bahwa hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk mengurangi peradangan juga meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan, jadi ini adalah win-win!

Apa yang kamu pikirkan?

Apakah Anda melihat perbedaan dalam tubuh Anda ketika Anda makan makanan radang? Makanan apa lagi yang menyebabkan peradangan bagi Anda? Makanan apa yang Anda masukkan dalam diet Anda yang khusus anti-inflamasi? Tinggalkan komentar di bawah dan beri tahu kami!

    0 komentar