11 Alasan Berlibur Dapat Membuat Anda Lebih Sehat

Sudahkah beberapa hari libur disimpan di kantor? Bawa mereka! Liburan bukan hanya waktu untuk melarikan diri dari kenyataan. Penelitian menunjukkan bahwa mereka penting untuk pikiran, tubuh, dan jiwa yang sehat. Tapi itu tidak harus menjadi liburan Mediterania yang mewah. Liburan bisa sesederhana "staycation" di kota asal Anda atau kota terdekat atau akhir pekan yang panjang di danau setempat. Inti dari liburan adalah untuk berhenti sejenak dari kebiasaan Anda, monoton, dan rutinitas sehari-hari Anda. Sudah waktunya memesan liburan itu. Perintah dokter!

11 Alasan Berlibur Dapat Membuat Anda Lebih Sehat
11 Alasan Berlibur Dapat Membuat Anda Lebih Sehat


1. Liburan Menghilangkan Stres


Bernafas saja! Stres kronis dari rutinitas sehari-hari Anda dapat menyebabkan kelelahan, masalah tidur, dan tekanan darah tinggi. Tetapi mengambil waktu jauh dari tekanan harian dapat menghilangkan stres dan menyingkirkan hormon tidak sehat yang menyertai stres kronis. Menurut sebuah studi tahun 2009 yang diterbitkan dalam Journal of Occupational Health, waktu istirahat sangat penting bagi orang untuk pulih dari efek negatif stres yang menumpuk di tempat kerja. Pemesanan liburan yang menyenangkan dan santai membantu memastikan bahwa tanda-tanda pertama stres (seperti peningkatan detak jantung dan kelelahan) tidak berkembang menjadi reaksi yang lebih serius.

2. Liburan Memperbarui Fokus Anda


Tidak, dunia tidak akan berantakan jika Anda mengambil istirahat dari tanggung jawab Anda. Faktanya, menunda daftar tugas Anda sedikit demi sedikit sangat penting dalam memperbarui fokus Anda untuk diri sendiri dan untuk pekerjaan Anda. "Anda mencabut, melepaskan, dan meninggalkan kekhawatiran sehari-hari, [yang] merupakan praktik penting bagi kesehatan mental Anda," kata John Liantonio, M.D., dari Universitas Thomas Jefferson. "Aku menganggap liburan sebagai waktu untuk mundur dan memikirkan apa yang paling penting." Jadi gunakan waktu luang Anda untuk merenungkan jalan Anda saat ini dan jika itu benar-benar arah yang Anda inginkan.

3. Anda akan Memperkuat Hubungan Anda


Kehidupan sehari-hari sangat menegangkan (jangan bercanda!). Antara menyelesaikan semua hal dalam daftar tugas Anda, sulit untuk menemukan waktu untuk fokus pada hal-hal terpenting dalam hidup: hubungan Anda. Dengan mematikan ponsel Anda, mengambil istirahat dari email dan melepaskan diri dari kewajiban sehari-hari Anda, Anda dapat memfokuskan sebagian waktu berharga Anda pada hubungan Anda. Lauree Berger Turman, seorang terapis pernikahan dan keluarga yang berlokasi di Beverly Hills, California, mengatakan, dia melihat kliennya kembali dari liburan yang terhubung kembali dengan orang yang mereka cintai. "Kita perlu waktu untuk memberi waktu bagi tubuh dan pikiran kita untuk menjalani proses pemulihan," katanya.

4. Liburan Dapat Menambah Tahun ke Hidup Anda


Anda membacanya dengan benar! Penelitian telah menemukan bahwa orang yang mengambil liburan hidup lebih lama daripada orang yang tidak berlibur. Menurut sebuah studi tahun 2000 yang diterbitkan dalam jurnal Psychosomatic Medicine, pria yang berisiko lebih tinggi terkena penyakit kardiovaskular yang mengambil banyak liburan tahunan mengurangi risiko kematian mereka dari semua penyebab. John Liantonio mengatakan, "Banyak penelitian perlu dilakukan untuk melihat manfaat spesifik apa yang diperoleh pelancong daripada bukan pelancong, tetapi manfaat mortalitas cukup mengesankan dan cukup bagi saya untuk memesan perjalanan lain."

5. Anda akan Meningkatkan Kehidupan Seks Anda


Berhentilah menyusun email sial itu, matikan ponsel cerdas Anda dan habiskan waktu berkualitas dengan pasangan Anda di antara lembaran-lembaran itu. Istirahat dari stres kehidupan ditambah dengan peningkatan tingkat kebahagiaan saat berlibur (dan penurunan depresi dan kecemasan) dapat meningkatkan kehidupan seks pasangan. Dan seperti ulasan 2010 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine menyimpulkan, seks memberikan sejumlah manfaat mental dan fisik. Tapi apakah Anda benar-benar membutuhkan alasan untuk menjadi lincah?

6. Liburan Mencegah Pemadaman


Jika Anda memeriksa email sebelum dan sesudah bekerja dan merasa dihabiskan sepenuhnya - hentikan! Anda mungkin sedang dalam perjalanan untuk mengalami kelelahan. Penting untuk memberi waktu dan ruang pada otak Anda untuk menyelesaikan masalah. "Orang-orang cenderung kelelahan karena mereka terlalu menekan identitas pekerjaan mereka dan melupakan identitas diri," kata ahli saraf, Kate Cummins. "Liburan atau istirahat dari pekerjaan menyediakan waktu bagi Anda untuk mengolah orang yang Anda kenal dan menekankan identitas diri Anda. Lihatlah liburan sebagai investasi dalam diri Anda."

7. Liburan Meningkatkan Kesehatan Jantung


Bahkan jika semua yang Anda lakukan adalah zona di pantai selama beberapa hari, Anda masih dapat menuai manfaat yang menyehatkan jantung. Penelitian jantung Framingham yang terkenal telah mengamati kesehatan jantung selama beberapa dekade. Sebuah studi lanjutan yang dilakukan di SUNY Oswego mengungkapkan bahwa pria yang mengambil liburan tahunan 32 persen lebih rendah untuk mengalami serangan jantung fatal. Studi 2013 lainnya dalam American Journal of Epidemiology menemukan bahwa wanita yang berlibur sekali setiap enam tahun atau kurang lebih cenderung mengalami serangan jantung atau mengembangkan penyakit arteri koroner dibandingkan dengan mereka yang mengambil setidaknya dua liburan setahun. Jadi, bersiaplah berkemas!

8. Liburan Membantu Mencegah Depresi


Tentu, Anda lebih bahagia berlibur, tetapi waktu istirahat Anda dapat memiliki manfaat kesehatan mental bahkan setelah Anda kembali ke kenyataan. Sebuah studi tahun 2005 di University of Pittsburgh Mind Body-Center dari 14.000 wanita (beberapa di antaranya berlibur, sementara yang lain tidak) menyimpulkan bahwa risiko depresi berkurang secara dramatis ketika mereka mengambil lebih banyak liburan. Penulis studi Karen Matthews berbicara kepada NPR tentang penelitian ini dan mengatakan: "Orang-orang merasa lebih sehat selama liburan. Mereka memiliki suasana hati yang lebih baik. Mereka kurang tegang. Dan mereka memiliki tingkat energi yang lebih tinggi, dan mereka lebih puas dengan kehidupan mereka." Nah, itu alasan untuk tersenyum.

9. Anda mungkin bahkan menurunkan berat badan


Liburan Italia Anda - lengkap dengan pasta setiap hari - mungkin hanya cara terbaik untuk mengurangi beberapa kilogram tanpa mencoba. Ketika Anda stres, Anda melepaskan zat kimia yang disebut kortisol. Meskipun memiliki banyak manfaat, sayangnya, kortisol dapat memengaruhi penyimpanan lemak dan menyebabkan peningkatan berat badan pada individu yang stres, terutama di sekitar bagian tengah tubuh Anda. Dan para peneliti di University of New Mexico telah menyimpulkan bahwa "individu dengan rasio pinggang-pinggul yang tinggi (yang mengidentifikasi obesitas visceral) berada pada risiko yang lebih besar untuk mengembangkan penyakit kardiovaskular, diabetes mellitus tipe 2 dan penyakit serebrovaskular."

10. Liburan Meningkatkan Produktivitas


Berikut ini sesuatu untuk dibagikan dengan bos Anda: Ini mungkin tampak berlawanan dengan intuisi, tetapi mengambil cuti dapat membuat Anda lebih baik dalam pekerjaan Anda. Menurut studi internal Ernst & Young, untuk setiap 10 jam waktu liburan yang diambil seorang karyawan, peringkat kinerja akhir tahun mereka meningkat delapan persen. Dan mereka yang sering berlibur juga jauh lebih kecil kemungkinannya untuk meninggalkan perusahaan. Tampaknya keluar dari pekerjaan memberi Anda apresiasi baru untuk pekerjaan Anda dan kreativitas yang direvitalisasi begitu Anda kembali.

11. Liburan Menyediakan Makanan untuk Otak Anda


Perjalanan tidak hanya memperbarui semangat seumur hidup, tetapi juga membantu meningkatkan kekuatan otak Anda! "Sangat penting bagi orang untuk mengalami tempat-tempat baru," kata neuropsikolog Kate Cummins. Ketika Anda bepergian ke tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya, cara Anda menerima informasi berubah, katanya. "Anda membuat hubungan emosional dengan budaya atau ke masa hidup Anda saat bepergian. Dan hubungan emosional dengan memori telah terbukti meningkatkan daya ingat dalam proses penuaan."

Apa yang kamu pikirkan?


Pernahkah Anda memperhatikan bahwa berlibur membuat Anda merasa lebih sehat? Kapan terakhir kali Anda berlibur? Apa yang Anda lakukan selama cuti dari pekerjaan? Bagaimana Anda melihatnya bermanfaat bagi kesehatan Anda? Bagaimana perasaan Anda setelah istirahat? Apakah Anda memiliki rencana liburan lain? Apa tujuan ideal Anda? Bagikan pemikiran, saran, dan cerita Anda di bagian komentar di bawah!

0 komentar